Prestasi Luar Biasa: SMK Fest 2024 Bali Ditutup oleh Direktur Ditjen Diksi dengan Keterlibatan Peserta Mencengangkan!

Berita
  • 23 April 2024
    Oleh : liza putri pagan

    SMK Fest 2024 yang digelar di Taman Budaya Art Center Denpasar selama 3 hari telah membuktikan keberhasilan Vokasi yang ditanamkan Universitas STEKOM bersama Dinas Pendidikan Provinsi Bali.

     

    Dengan partisipasi mencapai 1.164 peserta, acara ini tidak hanya meninggalkan kesan mendalam bagi pihak sekolah, tetapi juga bagi dunia usaha dan industri (DUDI).

     

    Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kemendikbudristek RI, Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd, menyampaikan kesan yang sangat mengesankan setelah menutup kegiatan tersebut.



    "Melalui event perdana di Indonesia ini, Bali telah kembali membuktikan keunggulannya dalam menyelenggarakan acara yang luar biasa," ungkapnya dengan antusias, Jumat malam (23/3/2024).

     

    Wardani menegaskan pentingnya meningkatkan kemitraan yang telah terjalin baik, sebagai langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di dunia usaha dan industri (DUDI) di Indonesia.

     

    "Saatnya kita memahami bahwa kerja sama ini tidak hanya memberi manfaat bagi kita, tetapi juga bagi para siswa yang mendapatkan pengalaman berharga dalam menghadapi tantangan langsung di event ini," ujarnya.

     

    Dia juga menyoroti peran penting SMK sebagai penyumbang kebutuhan tenaga kerja di Indonesia, dan mendorong untuk memperkokoh kemitraan dengan berbagai pihak.

     

    "Saat ini, sekitar 65% tenaga kerja di Indonesia adalah lulusan SMP ke bawah. Pertumbuhan industri akan makin maju apabila 65% tersebut merupakan lulusan SMK," tambahnya.

     

    Sementara itu, I Gusti Ngurah Crisna Adijaya, SSTP. MM, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Provinsi Bali, menjelaskan bahwa SMK Fest memiliki tujuan memberikan panggung bagi peserta didik dan komunitas guru untuk berkarya dan berekspresi, serta meningkatkan kompetensi dan talenta secara berkelanjutan.

     

    “SMK Festival ini adalah ajang lomba talenta dan kompetensi yang dikemas dalam bentuk Expo dan ajang kreativitas siswa-siswi dan guru SMK, SMA, dan SLB se-Bali," paparnya.

     

    Dengan semangat yang ditampilkan dalam festival ini, diharapkan akan lahir talenta-talenta baru yang dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia usaha dan industri pada masa depan.



    Hubungi Kami ? 5.574